Pemeriksaan Kualitas Mikrobiologi Air dengan “AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro”

Pemeriksaan Kualitas Mikrobiologi Air dengan AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro
AkademikJurusan Kesehatan LingkunganLaboratorium Jurusan Kesehatan Lingkungan

Pemeriksaan Kualitas Mikrobiologi Air dengan “AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro”

AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro merupakan evolusi terbaru laboratorium dalam pemeriksaan kualitas air. Dengan alat ini kita dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan mikrobiologi pada air berupa Escherichia coli dan Kolifrom dengan satuan pengamatan adalah CFU (Coloni Forming Unit).  Kit ringan ini telah dioptimalkan untuk penggunaan lapangan.

AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro
AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro

Unit filtrasi membran aluminium keras yang ringan dan baru di anodisasi menawarkan corong multi-posisi ulir untuk memudahkan sterilisasi. Terdapat inkubator dengan teknologi kartrid PetriLok inovatif Trace2o, memungkinkan tumpukan cawan petri variabel ditangani dengan mudah ruang ganda ringan dan hemat ruang, dengan panel kontrol tunggal untuk mengoperasikan kedua bagian. Kontrol suhu untuk setiap ruang memungkinkan inkubasi simultan untuk koliform total dan feses, serta berbagai parameter mikrobiologis standar lainnya. Semua peralatan yang diperlukan ditempatkan dengan rapi dalam satu wadah tahan air yang mudah diangkut dengan roda, untuk pengambilan sampel lapangan yang efisien.

Inkubator - AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro
Inkubator – AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro

AquaSafe Water Safety Laboratory WSL50 Pro kit ini sudah terdiri dari alat dan bahan yang mudah dibawa. Alat terdiri dari mini petri disk (aluminium), rak mini petri disk, mini incubator berikut battery dan charger, timba dan tali yang dapat digunakan dalam pengambilan sampel air, pot filtrasi membrane, pompa vacuum berikut selang untuk proses filtrasi, pipet mikro 1000 ul, pad dispenser, pinset, magnifier, botol preparasi dan lain-lain. Bahan terdiri dari media MLSB (Membrane Laury Sulphate Broth), Aquades steril, Absorban pad, membrane filter.

Alat dan Bahan
Alat dan Bahan

Tahap pertama adalah menyiapkan media MSLB. Campurkan satu sachet media ke dalam 100 ml aquades. Homogenkan sampai semua larutan media larut seluruhnya. Sterilisasi media yang sudah jadi menggunakan autoklaf. Jika sudah selesai sterilisasi angkat botol plastik dan dinginkan sampai suhu ruangan kemudian simpan di lemari pendingin. Letakan absorban pad pada mini petri disk menggunakan pad dispenser langsung dari wadah absorban steril. Tuangkan larutan MLSB sebanyak 2 ml pada absorban (s/d basah merata). Media siap ditanami membran filter  dari hasil vacuum filtrasi sampel air.

Meletakkan Absorban Pad pada Mini Petri Disk
Meletakkan Absorban Pad pada Mini Petri Disk
Menuangkan Larutan MLSB pada absorban
Menuangkan Larutan MLSB pada Absorban

Tahap kedua adalah pemeriksaan sampel. Bersihkan unit membran filter dengan metanol. Rangkai pot filtrasi membrane. Lakukan sterilisasi dengan cara masukkan 1 ml methanol kedalam wadah penampung air filtrasi, lalu sulut/nyalakan. Setelah menyala beberapa saat ,tutup dengan wadah/pot filter air. Biarkan ± 20 menit, pot filter siap digunakan. Pasang membran filter steril pada kaca tempat membran menggunakan pinset steril. Kunci membran di tempatnya dengan memutar corong filter sampai kencang. Tuangkan sampel air ke dalam corong filter. Hubungkan pompa vacum tangan ke filtrasi dan pompa secara teratur untuk menyedot sampel air melewati membrane. Ketika semua air telah terfiltrasi, lepas corong filter dan gunakan pinset steril untuk mengambil membran dari unit filtrasi.

Pot Filtrasi Membran
Pot Filtrasi Membrane
Proses Sterilisasi Pot Filtrasi Membrane
Proses Sterilisasi Pot Filtrasi Membrane
Pemasangan membran filter steril
Pemasangan Membran Filter Steril
Mengunci Membran
Mengunci Membran
Memasukkan Sampel Air ke Corong Filter
Memasukkan Sampel Air ke Corong Filter
Proses Vakum
Proses Vakum

Tahap ketiga adalah proses inkubasi. Ambil membran filter dari unit membran filter menggunakan pinset steril, segera pindahkan/letakan pada  mini petri disk yg telah disiapkan (berisi absorban dan media MLSB). Pasang dan susun  mini petri disk pada rak khusus (Petrilok), selanjutnya masuk kan ke dalam mini incubator. Atur suhu dan waktu pada mini inkubator. Pastikan daya (batery) mencukupi untuk 24 jam. Inkubasikan selama 24 jam pada suhu 37oC (untuk total coli)  atau 44 oC (untuk coli fecal).

Meletakkan membran filter ke mini petri disk yang sudah diberi media MLSB
Meletakkan Membran Filter ke Mini Petri Disk yang Sudah diberi Media MLSB
Proses Inkubator
Proses Inkubator
Proses Inkubator
Proses Inkubator

Setelah inkubasi 24 jam, akan muncul indicator “DONE” pada layar incubator. Buka mini petri disk dan segera amati. Amati dan hitung koloni warna kuning yang timbul pada membran. Bila perlu, gunakan kaca pembesar. Hitung koloni dalam beberapa menit setelah lepas dari inkubator, karena beberapa koloni dapat berubah warna pada saat suhu dingin.

Hasil Penanaman Sampel
Hasil Penanaman Sampel

 

 

 

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *