Kursus Soil Transmitted Helminths : Perencanaan Penelitian dan Metode Pemeriksaannya (Mikroskopis dan Molekuler)

Kursus Soil Transmitted Helminths Perencanaan Penelitian dan Metode Pemeriksaannya (Mikroskopis dan Molekuler)
AkademikJurusan Kesehatan LingkunganLaboratorium Jurusan Kesehatan Lingkungan

Kursus Soil Transmitted Helminths : Perencanaan Penelitian dan Metode Pemeriksaannya (Mikroskopis dan Molekuler)

Penyakit tropis terabaikan atau Neglected Tropical Diseases (NTDs)terutama penyakit karena Soil Transmitted Helminths (STHs) masih menjadi masalah di Indonesia dan di negara Asia Tenggara lainnya. Penyakit tropis terabaikan ini juga menjadi salah satu prioritas kesehatan nasional di Indonesia. Walaupun penyakit infeksi terabaikan ini tidak menyebabkan keparahan hingga berujung kepada kematian, tetapi kejadian kecacingan dilaporkan cukup tinggi di beberapa daerah. Dalam mengeliminasi penyakit ini, diperlukan pengetahuan mengenai beragam metode yang efektif dan akurat yang sesuai dengan kebutuhan, baik secara mikroskopis dan molekuler, untuk penegakan diagnosa yang tepat.

_DSF5234

Program Studi S2 Ilmu Kedokteran Tropis dalam perayaan Dies Natalis 25 tahun menyelenggarakan kursus mengenai berbagai metode pemeriksaan khusus untuk penyakit kecacingan atau Soil transmitted Helminths (STHs) secara mikroskopis dan molekuler. Kursus ini ditujukan untuk para peneliti di bidang kesehatan terkait kecacingan di tingkat Sekolah, Universitas, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan maupun Dinas Kesehatan. Diharapkan dengan banyaknya penelitian mengenai kecacingan dengan menggunakan metode yang tepat dapat menghasilkan data kejadian penyakit kecacingan yang akurat di Indonesia. Data ini dirasa penting untuk pertimbangan dalam mengambil kebijakan eliminasi penyakit kecacingan di tingkat nasional.

Kegiatan Pelatihan
Kegiatan Pelatihan
Kegiatan Pelatihan
Kegiatan Pelatihan
Pemberian Materi Pelatihan
Pemberian Materi Pelatihan

Kursus ini telah diselenggarakan pada hari Jumat 26 April 2019 di Ruang kuiah Gedung Radiopoetro lantai 1, ruangan laboratorium di Departemen Parasitologi di Gedung Radiopoetro lantai 4, dan ruang Laboratorium Terpadu Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK), Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Agenda kegiatan meliputi Penelitian epidemiologi Soil Transmitted Helminths (STHs), Pemeriksaan di laboratorium dengan metode mikroskopis: prinsip kerja dan praktek (Direct wet mount, Kato-katz, dan Koga Agar Plate, Baermann funnel technique), Pemeriksaan molekuler Soil Transmitted Helminths (STHs): prinsip kerja dan praktek dan Diskusi: kolaborasi penelitian dan standardisasi penelitian terkait STH di Indonesia. Pemberi materi dan pembimbing: – dr. Elsa Herdiana Murhandarwati, M.Kes., Ph.D. (Prodi S2 Ilmu Kedokteran Tropis, FK-KMK UGM) – Prof. Soeren Leif Becker, MD., Ph.D. (University of Bassel, Switzerland, Swiss TPH and Saarland University Medical Centre, Homburg, Germany) – dr. Citra Indriani, MPH. (Departemen Epidemiologi, Biostatistik dan Kesehatan Populasi, FK-KMK UGM.) – Rizqiani Amalia Kusumasari, S.Si., M.Sc. (Departemen Parasitologi, FK-KMK UGM) – Anna Nimmesgern (Saarland University Medical Center, Homburg, Germany).

Diskusi Bersama
Diskusi Bersama
Diskusi Bersama
Diskusi Bersama
Diskusi Bersama
Diskusi Bersama

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *