Prestise JKL Purwokerto

KESLING PURWOKERTO NOMOR SATU

(diadaptasi dari : https://www.facebook.com/notes/sugeng-abdullah/miliki-mental-juara/1080789628614094/)

 

Kadang nomor satu tidak memiliki makna apa-apa. Nomor satu hanya sekedar nomor saja. Faktanya, nomor satu sering digunakan untuk setumpuk kebanggaan. Nomor satu atau pertama seringkali dihubungkan dengan sebuah pencapaian prestasi, kejuaraan, kepeloporan dan hal-hal  luar biasa hebat lainnya. Hebat dapat berarti positiv ataupun negativ.  Hebat dalam artian positif itulah yang kita inginkan.

Memperoleh nomor urut satu  dalam sebuah antrian atau daftar hadir saja, ternyata juga dapat memberikan kebanggaan tersendiri.  Apalagi jika mendapatkan nomor satu yang memiliki makna lebih hebat, tentu akan lebih membanggakan. Dalam rentang sejarah dan perkembangannya, Kesling Purwokerto Nomor Satu dalam hal – hal sebagai berikut :

1979 : nomor satu di Jateng dan DIY sebagai institusi pendidikan kesehatan lingkungan negeri (Depkes) yang melembaga dan diakui oleh MenPAN.

1982 : nomor satu di kabupaten Banyumas sebagai institusi pendidikan yang meniliti potensi pasir sungai Pelus sebagai media filtrasi air bersih

1983 : nomor satu di Jateng dalam kejuaran volley ball antar institusi pendidikan kesehatan Depkes se Jateng.

1985 :  nomor satu di Indonesia sebagai institusi pendidikan kesehatan yang ikut terjun langsung menangani pemberantasan vector malaria di Kampung Laut, Cilacap.

1993 : nomor satu di Jateng sebagai institusi pendidikan kesehatan Depkes yang memperoleh juara Cerdas Cermat P4 antar perguruan tinggi di Jateng rayon selatan.

2000 : nomor satu di Indonesiasebagai PT Kesehatan yang memberikan layanan (pengabmas) pest control di Kereta Api.

2000 : nomor satu di Indonesia sebagai institusi pendidikan Kesling yang memiliki sivitas akademika yang kompak, antara lain menolak  “kebijakan otoriter”.  (berhasil mengganti direktur)

2003 : nomor satu di  Indonesia  dalam merespon secara nyata wacana penggabungan PT Kesehatan kedalam PTN. (usulan penggabungan prodi Kesling ke Unsoed Purwokerto)

2004 : nomor satu di Poltekkes Semarang sebagai Jurusan/prodi yang memiliki dosen teladan tingkat nasional ( Bp Suparmin)

2008 : nomor satu di Poltekkes Semarang sebagai Jurusan/prodi yang menginisiasi pembuatan web poltekkes semarang. (dengan layanan web gratis)

2008 : nomor satu di PT Depkes sebagai Prodi yang melaksanakan sertifikasi keahlian bagi para mahasiswa tingkat akhir. (Sertifikat Hyperkes)

2008 : nomor satu di Jateng, (nomor dua di Indonesia) sebagai Jurusan/prodi Kesling yang meraih Sertifikat ISO 9001.

2008 : nomor satu di Indonesia, bersama beberapa jurusan/prodi kesling di Manado membuat / menyampaikan “Petisi Manado” yang berisi tuntutan kepada PP HAKLI agar segera melakukan reorganisasi dan revitalisasi HAKLI.

2010 : nomor satu di Indonesia sebagai Jurusan/prodi Kesling yang membuat materi pembelajaran dalam bentuk software computer (Buguru.exe)  dan aplikasi HP (jklp.jar)

2010 : nomor satu di Poltekkes Semarang sebagai Jurusan/prodi yang memilki dosen tetap berpendidikan S3/Dr (Dr Djamaluddin R)

2011 : nomor satu di Poltekkes Semarang sebagai Jurusan/prodi yang menerapkan layanan Nir Kertas (via sms)

2011 : nomor satu di Kemenkes sebagai Poltekkes/Jurusan/prodi yang menginisiasi dan melaksanakan kegiatan OGOT (One Guest One Tree = Satu Tamu Satu Pohon)

2012 : nomor satu di Poltekkes Semarang sebagai Juara umum dalam Dies natalis Poltekkes

2012 : nomor satu di Indonesia sebagai Program Studi Kesehatan lingkungan  Poltekkes yang ikut akreditasi BAN-PT

2013 : nomor satu di Indonesia, bersama beberapa jurusan/prodi kesling mendirikan APTKLI  (Asosiasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Lingkungan Indonesia) di Kaliurang – Yogyakarta.

2013 : nomor satu di Indonesia sebagai Program Studi Diploma 3 dan Diploma 4 Kesehatan lingkungan  Poltekkes yang memperoleh akreditasi BAN-PT (D3: Akreditasi B, D4: Akreditasi B)

2013 : nomor satu di Poltekkes Semarang sebagai Jurusan/Prodi yang memperoleh Juara Perpustakaan Terbaik.

2014 : nomor satu di Indonesia (mungkin di dunia) sebagai pemrakarsa dan pembuat WC Terbesar. publikasi nasional surat kabar dan media online

2014 : nomor satu di Indonesia sebagai Jurusan/prodi Kesling yang membuat materi pembelajaran dalam bentuk aplikasi android  (jklp.apk)

2014 : nomor satu di Indonesia sebagai Jurusan/prodi Kesling yang menyelenggarakan dan menerbitkan  SERKOM, bekerjasama dengan Pengda HAKLI dan MTKP Jateng.

2015 : nomor satu di Poltekkes Semarang sebagai Jurusan yang memberikan layanan air minum gratis bagi mahasiswa dan masyarakat. (Air minum yang diolah dan diminum langsung di tempat)

2016 : nomor satu di Jawa Tengah sebagai kampus pendidikan tinggi yang memiliki fasilitas masjid apung.

2017 : nomor satu di Jawa Tengah (Poltekkes) sebagai institusi pendidikan tinggi yang mempunyai POSBINDU.