Praktek Lapangan di KKP Cilacap

Praktek Lapangan di KKP Cilacap
DIII Kesehatan Lingkungan

Praktek Lapangan di KKP Cilacap

CILACAP — Mahasiswa Prodi DIII Kesehatan Lingkungan, Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang melakukan praktek lapangan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Cilacap. Mereka praktek boarding kapal yang sedang bersandar di dermaga, Senin (6/11/2017).
 
Demikian dikatakan Retno Kusumaningrum, SST., pembimbing lapangan mahasiswa selama di Dermaga Cilacap. Kegiatan praktek lapangan ini untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa. Sebanyak 47 mahasiswa kelas 3B berangkat dari Kampus 7 di Jl. Raya Baturraden Km.12 Purwokerto menuju KKP Cilacap pukul 06.00 pagi.
 
Mahasiswa diterima Sukamto, SKM, M.Kes, kepala seksi PKSE di KKP Kelas II Cilacap. Sukamto menjelaskan kepada mahasiswa teori dan praktek tentang Boarding Kapal. Selanjutnya, mahasiswa dibimbing untuk melakukan praktek langsung di kapal bermuatan batu bara yang sedang bersandar di dermaga.
 
Sebelum praktek, mahasiswa dibekali Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, masker dan rompi agar terlindung dari faktor risiko kecelakaan kerja di kapal. Ketegangan dirasakan oleh mahasiswa ketika akan memasuki kapal karena harus menaiki tangga kecil yang tinggi. Di samping itu banyak debu batu bara yang beterbangan ketika sedang diturunkan dari kapal. Secara keseluruhan praktek Boarding Kapal tersebut berjalan lancar.
 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Prodi DIII Kesehatan Lingkungan
Jl. Raya Baturraden Km.12 Purwokerto Telp./Fax 0281-681709 email: d3kesling@poltekkes-smg.ac.id

IMG-20171107-WA0004

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *