Dialog Dinamika Kita dengan Topik ‘Gerakan Masyarakat Hidup Sehat’

Dialog Dinamika Kita dengan Topik 'Gerakan Masyarakat Hidup Sehat'
DIII Kesehatan LingkunganDIV Kesehatan LingkunganJurusan Kesehatan Lingkungan

Dialog Dinamika Kita dengan Topik ‘Gerakan Masyarakat Hidup Sehat’

Penyakit tidak menular (PTM) seperti Stroke, Jantung, dan Kencing manis saat ini memiliki proposi lebih besar di pelayanan kesehatan Indonesia. Proses penyembuhan PTM tersebut membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama.

Pada peringkatan HKN tahun 2016 pemerintah mencanangkan GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian

Kegiatan ini disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, termasuk wilayah Kab. Banyumas. Melalui RRI (Radio Republik Indonesia) pada Rabu, 5 April 2017 Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan yang diwakili oleh Lagiono, SKM., M.Kes. bersama dengan Ketua Dinas Kesehatan Kab. Banyumas berdiskusi tentang kegiatan GERMAS di Kab. Banyumas.

Beliau menyampaikan bahwa GERMAS meliputi kegiatan: melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. (nsi)

 read this thesis
Lagiono, SKM., M.Kes. (batik merah) dan Perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Banyumas

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *